Pemahaman Tentang Blockchain Melalui Pengertian dan Pemanfaatannya

Pemahaman Tentang Blockchain – Pemahaman tentang blockchain bisa kita runtut dari kemunculan bitcoin. Bitcoin merupakan sebutan untuk mata uang digital yang muncul pertama kali. Sebutan lain bitcoin adalah  mata uang kripto atau mata uang yang dienkripsi.

Hadirnya mata uang digital ini sebenarnya menjadi solusi alternatif untuk transaksi daring yang cepat, transparan serta dapat diterima oleh kedua belah pihak. Bitcoin secara sederhana diartikan sebagai embrio mata uang digital dalam sistem finansial yang sudah ada. Meski demikian tidak serta merta keberadaan bitcoin diakui.

Pemahaman Tentang Blockchain Melalui Pengertian dan Pemanfaatannya
blog.amartha.com

Meninjau Ulang Pemahaman Tentang Blockchain

Pembahasan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dari teknologi yang berperan pada mata uang digital ini. Harapannya dengan gambaran yang diberikan akan membuka peluang untuk melakukan pemanfaatan pada teknologi ini. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Bitcoin

Istilah bitcoin muncul setelah hadirnya sebuah artikel berjudul “Bitcoin: Peer to peer electronic Cash”. Keinginan untuk melakukan transaksi online dengan mudah dan cepat memicu kemunculan uang digital ini. Transaksi ini juga menghilangkan peran pihak ketiga yakni biaya transfer.

Adanya institusi finansial yakni berperan sebagai bentuk sistem kepercayaan dari kedua belah pihak yang sepakat untuk melakukan jual beli. Meski begitu akhirnya sistem ini justru memperlambat proses transaksi.

Dari sini maka perlu adanya sistem pembayaran elektronik berbasis pembuktian kriptografi sehingga kedua belah pihak bisa melakukan transaksi tanpa perlu adanya pihak ketiga.

Mau tidak mau akhirnya kehadiran bitcoin menarik perhatian dunia keuangan. Selain dari sisi sistem yang menggunakan uang digital tentunya juga dalam memanfaatkan jaringan peer to peer untuk menjalankan sistem uang digital. Mata uang ini kemudian dapat digunakan bertransaksi lebih cepat dan tidak tergantung pada institusi.

Pengertian Blockchain

Pemahaman tentang blockchain, hal menarik dari teknologi ini adalah memungkinkan sistem mata uang kripto bekerja yaitu teknologi blockchain. Teknologi ini mampu melakukan pembukuan terdistribusi yakni setiap pihak yang tergabung juga mendapatkan hak akses terhadap buku tersebut. Konsep ini diberlakukan untuk membangun kepercayaan atas semua pihak.

Teknologi blockchain memiliki kesamaan dengan data terdistribusi dimana informasi yang tercatat akan disimpan dan dibagikan kepada setiap anggota jaringan. Selanjutnya karakter dari teknologi ini adalah pembukuan terdistribusi, informasi yang tidak berubah, memiliki transparansi tinggi, dan sebuah ikatan kontrak.

Hal ini menjadikan sistem secara otomatis melakukan verifikasi serta eksekusi saat konsensus dari masing-masing anggota tercapai.

Cara Kerja Blockchain

Pemahaman tentang blockchain, teknologi ini merupakan kumpulan blok yang membentuk sebuah rantai yang terdiri atas tiga elemen. Yakni data, nilai hash dari blok dan nilai hash dari blok sebelumnya.

Ada beberapa mekanisme di dalam blockchain hal ini memungkinkan keamanan akan lebih terjamin. Blockchain akan terus dikembangkan hingga terbentuk kontrak cerdas yang dapat digunakan untuk menukar koin secara otomatis.

Pemanfaatan Teknologi Blockchain

Teknologi yang digunakan ada mata uang kripto ini dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Beberapa diantaranya adalah untuk keamanan data dan system dari Internet of Thing menjadikan hal baru yang cukup menjanjikan. Membantu untuk kebutuhan praktisi standar dalam mekanisme pertukaran.

Garis besarnya, Pemahaman tentang blockchain dan cara memanfaatkannya untuk organisasi atau pemerintah yakni ada dua. Pertama dilihat dari sisi pemerintah, pemerintah dapat menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan pelayanan dan menata serta mengatur transaksi. Kedua dari sisi tata kelola blockchain dimana pemerintah yang menentukan bagaimana sebaiknya blockchain digunakan serta beradaptasi terhadap perubahan termasuk memastikan nilai-nilai publik agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Pemahaman Tentang Blockchain Melalui Pengertian dan Pemanfaatannya

Post Comment