Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Anda Wajib Ketahui

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Gigi dan mulut merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan fungsi penting dalam kehidupan manusia. Merawatnya pun harus dilakukan untuk menunjang kedua bagian tubuh tersebut upaya fungsinya bisa berjalan dengan baik. Jika Anda masih belum melakukannya, maka perlu tahu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan melihat ulasan berikut ini. Sebab jika Anda tidak menjaganya maka tua nanti baru akan menyesal.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Anda Wajib Ketahui
Pixabay.com

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pernahkah Anda memikirkan betapa pentingnya peranan gigi dan mulut? Anda menggunakan gigi dan mulut setiap harinya untuk makan, berbicara, tersenyum, minum, dan lainnya. Nah, maka dari itu menjaga kesehatan bagian tubuh tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Mempunyai gigi dan mulut yang sehat pastinya akan lebih meningkatkan percaya diri serta membantu Anda di dalam menikmati makan dengan baik. Tetapi dalam hal ini juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dengan Anda melakukan perawatan pada gigi dan mulut dengan baik, maka bisa membantu untuk menghindari masalah gigi. Bahkan sekarang ini ada beberapa penyakit mematikan yang menyangkut gigi dan mulut, sehingga Anda harus pintar-pintar untuk menjaganya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut antara lain.

Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Suatu kebiasaan yang sulit untuk orang lakukan, yakni menyikat gigi sebelum tidur. Padahal hal tersebut sangat dianjurkan untuk kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi minimal sebanyak dua kali yakni pada saat bangin tifur dan sebelum beranjak tidur. 

Sikat gigi sebelum tidur bisa membantu untuk menghilangkan plak serta kuman yang menempel di gigi, sehingga jika tidak dibersihkan akan terus menumpuk. Selain menyikat pada bagian giginya, dianjurkan juga untuk menyikat pada bagian lidah untuk membantu menghilangkan kuman yang menempel.

Jangan Menggunakan Sikat Gigi Terlalu Keras

Tujuan dari sikat gigi yaitu menghilangkan plak pada gigi. Tetapi jika menyakitinya terlalu keras dengan gesekan yang keras pula maka dapat merobek gusi yang bisa mengikis enamel. Akibat dari yang ditimbulkan juga gigi akan menjadi lebih sensitif. 

Selain itu cara menyikat gigi tidak benar bisa membuat plak gigi akan menumpuk dan semakin mengeras sehingga akan berakibat para peradangan gusi. Anda harus menyikat gigi secara lembut dengan gerakan yang memutar dan memijat. Biasanya durasi menyikat yang efektif selama 2 menit.

Tidak Merokok

Tembakau bisa menjadi penyebab gigi kuning serta bibir yang hitam. Merokok dapat melipatgandakan terjadinya resiko penyakit yang berbahaya untuk mulut dan gusi. Jika hal itu tidak diperhatikan maka akan berdampak buruk untuk kesehatan gigi dan mulut. Maka dari itu, supaya penyakit tersebut tidak terjadi lebih baik untuk berhenti merokok sekarang juga.

Membatasi Konsumsi Makanan Manis serta Asam

Sering menjumpai orang yang giginya bolong? Nah, hal itu bisa disebabkan oleh konsumsi makanan manis serta asam yang terlalu berlebihan.  Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa Anda mulai dengan membatasi diri mengkonsumsi makan yang banyak mengandung gula dan asam. 

Makanan manis serta asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang setelah itu akan menggerus enamel gigi. Sehingga akan menyebabkan gigi bolong. Anda tidak perlu berhenti untuk mengkonsumsi, tetapi cukup membatasi dengan jarang-jarang memakannya 

Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluorida merupakan unsur alami yang bisa Anda temukan pada banyak hal, misalnya seperti air minum ataupun makan yang dikonsumsi. Fluorida akan diserap oleh tubuh dan digunakan oleh sel yang membangun gigi sebagai penguat enamel. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang berfluoride untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut supaya sehat terus.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut memang gampang-gampang susah. Salah di dalam menyikat gigi pun dampaknya cukup besar. Jadi mulai sekarang Anda harus bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut supaya dapat berfungsi dengan baik.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Anda Wajib Ketahui

Post Comment